Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marketing: Pelajari Dasar-dasarnya Secara Lengkap Pasti Paham

Marketing



Marketing adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di dengar dalam dunia bisnis. Marketing adalah strategi dalam mengenalkan  sebuah produk atau jasa agar bisa diketahui oleh calon konsumen atau masyarakat. 

Penjelasan marketing

Marketing adalah sebuah strategi dalam bisnis yang mengacu pada kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan sebuah pembelian atau penjualan produk dan jasa. 

Marketing yang mencakup periklanan, penjualan, dan pengiriman produk kepada calon komsumen atau bisnis lain. Beberapa aktivitas marketing adalah seringkali dilakukan oleh sebuah perusahaan. 

Seperti perusahaan produsen motor yang pemasarannya dilakukan sepenuhnya oleh mitra perusahaan yang menjadi agen pemegang merek tunggal hingga perusahaan pemilik dealer sering menggunakan marketing agar perusahaannya berkembang.

Saat melakukan promosi ditargetkan untuk menjaring para audiens tertentu sebagai calon konsumen dan mungkin melibatkan dukungan selebriti atau pigur yang trand, frasa atau slogan yang sangat menarik selanjutnya kemasan yang mudah diingat atau desain grafis, dan beriklan di media sosial. 

Berikut jenis-jenis marketing

Marketing sendiri sebenarnya sangat banyak sekali mencakup banyak hal dalam dunia bisnis, tak hanya soal usaha atau promosi secara langsung seperti beriklan di televisi atau media sosial.

Pemasaran yang disiplin melibatkan semua tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menarik pelanggan dan memelihara hubungan sehat dengan para pelanggan.

Dibawah ini ada beberapa informasi menarik tentang marketing simak terus sobat cuan.

1. Promosi 

Marketing adalam sebuah promisi. Promosi,  jenis P keempat, adalah sebuah kampanye komunikasi pemasaran yang paling terpadu. Promosi mencakup berbagai jenis kegiatan seperti periklanan, penjualan dan promosi penjualan. 

Dengan adanya tenaga marketing diharapkan bisa memahami calon konsumen mengaitkan harga dan distribusi sebuah produk dengan baik, dan mereka mempertimbangkan hal ini ketika merancang sebuah strategi marketing pemasaran secara keseluruhan dalam pasar. 

2. Produk 

Produk mengacu pada barang atau barang yang direncanakan untuk ditawarkan kepada seorang pelanggan. Produk harus berbeda dan berusaha untuk memenuhi ketidakhadiran di pasar, atau memenuhi permintaan calon konsumen untuk jumlah yang lebih besar dari produk yang sudah tersedia di dalam masyarakat. 

Sebelum mereka dapat menyiapkan setrategi marketing yang tepat, tenaga marketing perlu memahami produk apa yang dijual, apa yang menonjol dari pesaingnya karena sangat berpengaruh terhaadap produk. 

3. Tempat 

Tempat mengacu pada distribusi sebuah produk yang ingin di tawarkan kepada calon konsumen. Pertimbangan utama termasuk apakah perusahaan akan menjual produk melalui etalase yang berbentuk fisik, dan  online, atau melalui kedua saluran distribusi tersebut. 

Ketika dijual di etalase, penempatan produk fisik seperti apa yang didapatnya usahakan produk buat semenarik mungkin. Jika dijual online, penempatan produk digital seperti apa yang didapat pada saat penjualan.

4. Harga 

Harga mengacu pada berapa banyak perusahaan dan akan menjual produk yang di tawarkan. Ketika menetapkan harga, perusahaan harus mempertimbangkan harga biaya per unit, pada produk yang akan di tawarkan biaya pemasaran, dan biaya distribusi perusahaan. 

Perusahaan juga harus mempertimbangkan harga sebuah produk pesaing di dalam pasar dan apakah titik harga yang diusulkan cukup untuk mewakili alternatif yang masuk akal bagi calon konsumen. 

Nah, sobat demikian informasi mengenai Marketing yang sangat detail, semoga menjadi bacaan yang bermanfaat salam satu cuan.